Mengenal madu klanceng, lebah madu penggit penghasil madu asam penuh khasiat



Madu klanceng adalah madu yang dihasilkan dari lebah trigona. Lebah ini adalah spesies dari lebah pada umumnya namun karakteristik utamanya menggigit dan bukan menyengat.

Baca juga :

Jual grosir madu sarang
Pusing pengen beli madu takut palsu, Beli madu sarang saja
Perbedaan Manfaat madu secara umum dan manfaat madu sarang lebah asli

Lebah ini ukurannya lebih kecil dari lebah ternak lainnya yang umumnya di budidayakan. Lebah jika di alam liar sering hidup di sela-sela pohon berlubang kecil atau pada bambu-bambu yang ada sedikit lubangnya. Karena bentuknya yang kecil sehingga sarangnya berada pada rongga-rongga pohon tersebut.

Madu ini tidak memiliki sengat sehingga lebih aman jika akan dipanen karena tidak perlu pelindung diri terlalu banyak dibandingkan saat mengunduh madu lebah apis atau lebah sengat.
Salah satu perbedaan fisik kedua spesies lebah ini dapat dilihat dari bentuk sarangnya. Sarang lebah madu spesies Apis berbentuk heksagonal, sedangkan sarang lebah klanceng berbentuk seperti pot atau kendi bulat yang melintang secara horizontal.

Perbedaan madu lancing dengan madu lainnya : 


Harganya lebih mahal


Madu ini harganya berbeda dari madu lainnya karena produksi dari madu ini sedikit sehingga agak langka. Meski tida terlalu popular namun madu ini cukup mendatangkan keuntungan bagi anda yang ingin membudidayakannya. Produksi madu dari lebah klanceng tidak terlalu banyak, hanya berkisar 100-200 ml saja per 3 bulan. Tetapi karena harganya lebih mahal cukup layak jika anda ingin menekuni usaha ini.

Peminat madu ini cukuk banyak. Tidak kalah saing daripada madu ternak lainnya. Apalagi proses pembudidayaannya jauh lebih karena sifat dari lebah klanceng tidak terlalu agresif dalam melindungi sarangnya sehingga resiko cidera karena lebah ini relative minim sekali

Rasa lebih asam 


Semua jenis madu memiliki sifat dasar wajib yaitu manis, tak terkecuali madu klanceng. Hanya saja madu klanceng memiliki sedikit rasa asam karena kadar keasaman madu ini mencapai 3,05-4,55.
Madu klanceng memiliki Tekstur lebih encer dari madu biasa dikarenakkan kadar airnya lebih banyak, yakni berkisar antara 30-35 persen. Jika dilihat Dari segi fisik, madu klanceng ini memiliki warna cokelat amber.

Selain itu madu klanceng juga memiliki kandungan bee pollen dan propolis. Bee polen merupakan sari butiran tepungsari bunga jantan yang menjadi makanan cadangan lebah sedangkan propolis adalah lem yang melindungi sarang madu dari serangan pemangsa dari luar.

Secara umum madu klanceng hampir sama seperti madu ternak sengat namun memiliki rasa yang lebih asam dan tekstur madu lebih encer. Memiliki peminat pasar yang besar dengan harga lebih mahal.

Meski produksi madu dari lebah klanceng sedikit namun pembudidayaannya lebih aman karena sifat dari lebah ini tidak terlalu agresif menyerang manusia dan juga tidak mempunyai sengat yang sangat menyakitkan

Kami adalah penjual grosir dan eceran madu sarang, madu yang ada sarangnya. Memiliki keunggulan madu dijamin murni karena tidak bisa dicampur, memiliki bee pollen dan propolis alami.

Bagi anda yang sedang mencari madu sarang kami tersedia dalam kemasan 500 gram//box 





Untuk informasi pemesanan madu sarang bisa menghubungi 0895321226717. Atau klik disini wa.me/62895321226717

Pengiriman dari salatiga, jika anda di salatiga bisa cod di sekitar kota ini. Dan untuk luar kota tetap bisa dilayani mengggunakan pengiriman via jne

Sekian terimakasih semoga bermanfaat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar